RANGKUMAN KONSEP ETIKA


konsep etika bisnis islam konsep etika adalah konsep etika sosial knsep etika dan aplikasinya


 
A. Definisi Etika
           Etika berarti adat istiadat atau kebiasaan. Adat biasanya berasal dari kebiasaan yang turunkan secara turun temurun sehingga membangun suatu aturan kuat di masyarakat. Peraturan tersebut mencakup bagaimana tindakan yang dilakukan harus sesuai atau mengikuti aturan-aturan yang berlaku di sekitar masyarakat. Tanpa sadar ataupun tidak, aturan-aturan yang berlaku di masyarakat pada akhirnya telah membentuk moral yang menghargai adat istiadat yang berlaku.
“Moral mampu mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan.”
Contohnya saat seseorang bertindak bertentangan standar moral dilingkungan sekitarnya, normalnya dia akan merasa bersalah, malu, dan menyesal; dia akan menyebut dirinya "immoral" atau "salah" dan dia akan merasa bahwa dia buruk dan merasakan hilangnya rasa percaya diri.

B. Definisi Etika Bisnis
              Menurut Irham Fahmi, S.E., M.Si. (Etkia Bisnis, 2014) etika bisnis adalah aturan-aturan yang menegaskan suatu bisnis boleh bertindak dan tidak boleh bertindak, dimana aturan-aturan tersebut dapat bersumber dari aturan tertulis maupun aturan yang tidak tertulis.

C. Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam
              Syed Nawab Haidar Naqvi pada buku “Etika dan Ilmu Ekonomi” yang menjelaskan Suatu Sintesis Islami”, memjelaskan empat caksioma etika ekonomi yaitu: tauhid, keseimbangan (keadilan), kebebasan dan tanggungjawab.
  1. Tauhid ialah wacana teologis yang mendasari aktivitas manusia, termasuk dalam berbisnis.
  2. Keseimbangan dan keadilan, merupakan, bahwa pada dasarnya perilaku bisnis harus seimbang dan adil. Keseimbangan berarti tidak berlebihan (ekstrim) dalam mengejar keuntungan ekonomi (QS.7:31).
  3. Kebebasan,yang berarti manusia sebagai individu yang kolektivitas, mempunyai kebebasan penuh untuk melakukan aktivitas bisnis sesuai yang diinginkan.
  4. Pertanggungjawaban, adalah, bahwa manusia sebagai pelaku bisnis serta ekonomi, mempunyai tanggung jawab moral kepada Tuhan dan norma kepada masyarakat sebagai pelaku bisnis.

D. Etika Bisnis Dalam Tata Kehidupan Manusia
                Setiap manusia pasti memiliki motivasi untuk mendorong mereka agar terus bekerja keras mecapai keinginannya dan mimpi-mimpinya. Salah satunya adalah hidup dengan nyaman dimanapun mereka berada dan juga selalu bisa untuk mencapai keinginannya. Dan bisnis dianggap sebagai salah satu jalan yang bisa mendorong manusia untuk memperoleh semua itu. Ini diperkuat dengan pendapat dari berbagai pihak terkait dengan kepemilikan bisnis yang bersifat profitable yang menyebabkan seseorang memiliki peluang untuk memperoleh keuntungan dari keputusan dan pengalokasian keuntungan terutama memiliki hak menikmati keuntungan tersebut.

E.Ruang Lingkup Ilmu Etika Bisnis
              Adapun ruang lingkup yang menjadi pembahasan dalam bidang ilmu etika bisnis menurut Irham Fahmi, S.E., M.Si. (Etika Bisnis, 2014) adalah sebagai berikut:
a. Tindakan dan keputusan perusahaan yang dilihat dari segi etika bisnis.
b. Kondisi-kondisi suatu perusahaan yang dianggap melanggar ketentuan etika bisnis, dan sangsi-sangsi yang akan diterima akibat perbuatan tersebut.
c. Ukuran yang dipergunakan oleh suatu perusahaan dalam bidang etika bisnis.
d. Peraturan serta ketentuan di etika bisnis yang ditetapkan dari lembaga terkait.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon