IDENTITAS NASIONAL

Hasil gambar untuk identitas nasional

A.      Pengertian dan Ciri-ciri Dari Identitas Nasional
Identitas adalah ciri tanda pembeda sesuatu hal atau benda dengan yang lainnya. Sedangkan pengertian Identitas Nasional ialah ciri tanda pembeda suatu bangsa secara filosofis membedakan dengan bangsa lain. Untuk membedakann suatu bangsa atau menentukan Identitas Nasional suatu bangsa dibagi 4, yaitu :
  1. Pola perilaku, adat istiadat, kebiasaan, budaya, dll. Contoh : pola perilaku masyarakat Indonesia adalah sopan santun terhadap orang tua dan sikap saling menolong terhadap sesama.
  2. Lambang-lambang negara seperti Bendera, Bahasa, Lambang negara, Lagu Kebangsaan. Hal ini sudah dijelaskan dalam perundang-undangan kita dimana terdapat dalam pasal :           1) Pasal 35 "Bendera Merah Putih" ; 2) Pasal 36 "Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia" ; 3) Pasal 36A " Garuda Pancasila dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika. ; 4) Pasal 36B "Lagu kebangsaan Indonesia Raya"  (nb: Garuda Pancasila dari buku Negara Kertagama dibuat oleh Empu Prapanca sedangkan Bhineka Tunggal Ika dari buku Sutasoma dibuat oleh Empu Tantular)
  3. Alat-alat perlengkapan yang  digunakan untuk mencapai tuujuan yang berupa bangunan candi, masjid, gereja, pakaian adat, dll. Contoh : Batik di setiap daerah di Indonesia
  4. Tujuan yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia tertuang dalam pembukaan UUD 1945 :  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia; 2. Memajukan kesejahteraan umum; 3. Mencerdaskan kehidupan bangsa; 4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia
B.             Faktor-Faktor Pembentuk Identitas Nasional
  • Sejarah
  • Kebudayaan
  • Suku Bangsa
  • Agama
  • Bahasa


EmoticonEmoticon